Saturday, November 19, 2011

Sepak Bola dalam Seagames

Sepak bola adalah sebuah olah raga yang telah mendunia. Dan kerab di jadikan ajang pertandingan olahraga dalam skala internasional. Teknik permainan olah raga ini sangatlah sederhana. Sampai-sampai, siapapun dapat memainkanya. Walaupun teknik permainanya sederhana, sepak bola membutuhkan kerja sama dan kekompakan team agar dapat bermain dengan bagus.
Sepak bola juga sudah dipertandingkan dalam ajang seagames. Karena sepak bola memiliki banyak aturan main yang cukup kompleks, olah raga ini sangatlah membutuhkan semangat sportivitas dan kejujuran. Tanpa kejujuran dan sportivitas, permainan sepak bola tidak akan terasa apik untuk ditonton. Selain itu, para pesepak bola yang bertanding di seagames, tidak hanya berjuang untuk diri sendiri. Melainkan, berjuang demi nama bangsa indonesia dengan semangat nasionalisme.


Beragam cara ditempuh mulai dari merekrut pelatih dari luar negeri, memanggil pemain yang terbaik dari seluruh penjuru negeri, dan iming-iming bonus jika memenangkan pertandingan. Semua iu dilakukan untuk kemenangan timnas indonesia dalam seagames kali ini. Disiplin pemain juga di tekankan ketika saat pelatihan maupun saat di pertandingan.

Itu semua, semata-mata dilakukan untuk membela “kehormatan dan harga diri bangsa Indonesia” di mata dunia. Walaupun terkadang, para suporter kerab mencoreng nama baik persepakbolaan indonesia dengan berbuat onar dan kerusuhan yang menjadi-jadi. Disusul dengan pengerusakan fasilitas umum bahkan stadion yang semula dalam kondisi prima, menjadi rusak. Ataupun, ulah suporter yang memukuli wasit, pemain lawan, atau bahkan suporter lainya.

Terlebih lagi, sepak bola merupakan salah satu olah raga yang dapat mempersatukan seluruh lapisan masyarakat. Terutama, saat TIMNAS memenangkan suatu pertandingan, terlihat seluruh lapisan masyarakat bersuka cita dan larut dalam kegembiraan bersama-sama. Baik yang menonton secara langsung ataupun yang hanya menyaksikan dirumah saja.


No comments:

Post a Comment