Saturday, November 19, 2011

Contoh Artikel yang mengandung Kompromi

Contoh dari kompromi adalah sebagai berikut:

NAZAR TAWARKAN KOMPROMI KE SBY

1     8     -Koran Tempo
JAKARTA - Pengacara Otto Cornelius Kaligis mengatakan, kliennya, M. Nazaruddin, menitipkan pesan untuk Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Isinya, Nazar bersedia tidak menyeret Partai Demokrat asalkan ada jaminan bahwa istrinya, Neneng Sri Wahyuni, tak diseret ke meja hijau.

"Masukkan saja saya ke penjara, asal istri saya tidak apa-apa." kata Kaligis, menirukan ucapan Nazar di depan gerbang Rumah Tahanan Brimob Polri, Kelapa Dua, Depok, kemarin.
Menurut Kaligis, Nazar bersedia dihukum dan dipersalahkan sendiri. Dia pun menyatakan tak akan meng-ungkit-ungkit keterlibatan Partai Demokrat yang pernah ia ungkapkan sebelumnya. "Jadi, sampaikan kepada Pak SBY. Saya sendiri, saya tidak ngomong soal partai," kata Kaligis, kembali mengutip.
Nazar menjadi tersangka dalam kasus suap wisma atlet SEA Games di Kementerian Pemuda dan olahraga. Bekas Bendahara Umum Partai Demokrat ini ditangkap di Cartagena, Kolombia, setelah buron selama 75 hari. Adapun istri Nazar, Neneng, menjadi tersangka dalam dugaan korupsi proyek pembangkit listrik tenaga surya (di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi)
Komisi Pemberantasan Korupsi tengah mengusut hampir 411 proyek pemerintah yang dimenangi jaringan perusahaan Nazar. Nilai total proyek di berbagai kementerian Itu sekitar Rp 6,08 triliun.
Selama dalam pelarian, Nazar berkali-kali mengaku tidak bermain sendirian.
Dia menuduh para politikus Demokrat terlibat penataan anggaran dan proyek pemerintahan. Nazar, misalnya, menyebutkan adanya uang sekitar rp 50 miliar yang mengalir ke partai Demokrat di Bandung tahun lalu. Uang dari proyek stadion Han kompleks pendidikan olahraga Hambalang, Bogor, itu dipakai untuk pemenangan Anas Urbaningrum sebagai Ketua Umum Partai Demokrat) Kaligis tak menjelaskan mengapa Nazar akhirnya berubah pikiran, "Ini kata-kata dia sekarang, jangan ditafsirkan macam-macam," dan ia juga menyebutkan bahwa Nazar bersedia diperiksa KPK.
Pegiat antikorupsi dari Indonesia Corruption Watch, Adnan Topan Husodo, mengatakan Nazar bisa saja berkelik melindungi dirinya. Tapi itu bertujuan untuk merintangi KPK dalam membongkar kasus korupsi. bagaimanapun, kpk punya strategi sendiri dalam mengusut kejahatan,"



Israel Siap Membuat Kompromi Menyakitkan Demi Perdamaian

Mei 26, 2011
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan ia siap membuat ‘kompromi-kompromi menyakitkan” demi perdamaian dengan Palestina namun mengatakan Israel tidak akan kembali pada garis perbatasan sebelum tahun 1967.
Netanyahu mendapat sambutan hangat dalam pidatonya di muka pertemuan dengan Kongres Amerika hari Selasa. Ia mengatakan negaranya tidak akan kembali pada apa yang disebutnya garis-garis perbatasan “yang tidak bisa dipertahankan” sebelum perang selama enam hari tahun 1967.
Ia mengatakan konflik saat ini bukan mengenai pembentukan negara Palestina namun katanya Palestina tidak bersedia menerima negara Yahudi. Ia mengatakan Israel akan bermurah hati mengenai ukuran negara Palestina, namun kota Yerusalem tidak akan pernah dibagi.
Ia mengatakan perdamaian hanya bisa dicapai melalui meja perundingan dan Israel tidak akan berunding dengan pemerintah Palestina yang didukung kelompok militan Islam, Hamas yang digambarkannya sebagai al-Qaida versi Palestina.
Netanyahu juga memperingatkan bahaya Iran yang bersenjata nuklir, dengan mengatakan teror nuklir akan menjadi bahaya jelas dan nyata di seluruh dunia.
Dalam sambutan kehormatan yang langka dengan Kongres Amerika, Perdana Menteri Netanyahu juga menekankan hubungan erat antara negaranya dan Amerika dan menggambarkan Israel sebagai sekutu yang tidak tergoyahkan.
Hari Senin ia mengatakan kepada pertemuan Komisi Hubungan Israel-Amerika atau AIPAC, bahwa perdamaian hanya terjadi jika Palestina mengakui hak keberadaan Israel.
Presiden Amerika Barack Obama mengatakan pada kelompok lobby pro Israel itu hari Minggu bahwa Israel harus “membuat pilihan-pilihan berat” yang diperlukan untuk mencapai perdamaian. Pilihan-pilihan itu termasuk menetapkan perbatasan negara Israel dan Palestina berdasarkan garis-garis perbatasan tahun 1967 dengan pertukaran wilayah yang disepakati bersama.





Analisis
·      Dalam artikel “NAZAR TAWARKAN KOMPROMI KE SBY”, mengandung unsur kompromi yang terdapat dalam paragraf ke-1. Dimana, seorang Nazarudin yang terjerat kasus korupsi, yang konon melibatkan partai demokrat, menawarkan sebuah kompromi yaitu "Masukkan saja saya ke penjara, asal istri saya tidak apa-apa." Kepada SBY.
Alasan saya mengkategorikan artikel ini termasuk dalam proses akomodasi kompromi, yakni terpenuhinya beberapa kriteria kompromi dalam artikel ini:
- Nazarudin sedang berselisih dengan partai demokrat, dan SBY.
- Nazarudin menawarkan suatu kompromi yang sama-sama membuat kedua belah pihak merasa diuntungkan.
·      Dalam artikel “ISRAEL SIAP MEMBUAT KOMPROMI MENYAKITKAN DEMI PERDAMAIAN”, MENGANDUNG UNSUR KOMPROMI yang dapat dilihat dalam paragraf 1,2,3,4&7. Yang pada intinya, Israel menawarkan perdamaian dan beberapa kompromi lainya, kepada Palestina dengan beberapa syarat dan ketentuan lainya.
Alasan saya mengkategorikan artikel ini termasuk dalam proses akomodasi kompromi, yakni terpenuhinya beberapa kriteria kompromi dalam artikel ini:
-          Israel dan Palestina sedang.
-          Israel menawarkan beberapa kompromi kepada palestina:
1.      Israel ingin Palestina mengakui dan menerima negara yahudi (Israel)
2.      Israel akan bermurah hati mengenai ukuran negara Palestina, namun kota Yerusalem tidak akan pernah dibagi.
3.      Menurut Israel, perdamaian hanya bisa dicapai melalui meja perundingan dan Israel tidak akan berunding dengan pemerintah Palestina yang didukung kelompok militan Islam, Hamas yang digambarkannya sebagai al-Qaida versi Palestina.
4.      Menurut Israel, perdamaian hanya terjadi jika Palestina mengakui hak keberadaan Israel.
Kesimpulan dari KOMPROMI
Setelah saya membaca referensi, dan mendapatkan contoh artikelnya, saya menyimpuulakan bahwa, kompromi merupakan bentuk akomodasi yang berlangsung dalam bentuk usaha pendekatan yang dilakukan oleh pihak-pihak yang sedang terlibat perselisihan, agar kedua belah pihak bersedia untuk mengurangi tuntutan masing-masing sehingga diperoleh kata sepakat. Sikap dasar dalam melakukan kompromi adalah salah satu pihak bersedia untuk memahami keadaan pihak lainya, demikian pula sebaliknya.

No comments:

Post a Comment