Pages

Rabu, 18 Januari 2012

Mari kita baca dan simak kisahnya. namun, bagi kalian yang masih dapat berfikir, ambilah inti dari kisah tersebut juga ya!
A.      ABU LAHAB
Abu lahab adalah salah satu seorang paman nabi muhammad SAW. Nama asli Abu Lahab adalah Abdul Uzza bin abdul Mutholib. Rumah Abu Lahab berdekatan dengan rumah Rasullah SAW. Abu Lahab termasuk salah seorang paman nabi muhammad yang tidak sukadengan risallah beliau. Dengan harta kekayaan dan kekuasaannya, Abu Lahab berusaha menghalang_halangi dakwah Rasullah. Demikian juga istrinya Abu Lahab mendukung penuh usaha suaminya memuduhi ajaran rasullah.
                Bentuk-bentuk kejahatan dan gangguan yang pernah dilakukan Abu Lahab dan istrinya dalam menhalangi dakwah Rasullah SAW, antara lain ;

1.       Abu Lahab menyakiti badan Rasullah SAW secara langsung seperti yang pernah dilakukannya ketika mencekik Rasullah SAW pada saat beliau sedang shalat.
2.       Abu Lahab beserta istrinya pernah melempar kotoran ke pintu rumah Rasullah SAW.
3.       Abu lahab beserta istrinya sering menyebarkan fitnah yang tidak benar tentang Rasulullah SAW.
Didalam suatiu riwayat disebutkan suatu ketika Rasullah SAW naik di atas Bukit Safa sambil    berseru,”Mari berkumpul disini pagi hari ini!”. Maka berkumpulah kaum Quraisy. Rasullah SAW bersabda:”Bagaimana kah pendapat kalian seandainya saya beritahu musuh akan datang besok pagi atau petang,apakah kalian percaya?” kaum Quraisy menjawab,”Ya, pasti kami percaya< Rasullah SAW. Bersabda”Aku peringatkan kalian bahwa siksa Allah yang dahdyat akan datang,”Berkata abu Lahab,”celaka engkau Muhammad , apakah hanya untuk ini kami engkau kumpulkan ?”
Allah sangat murka terhadap orang-orang seperti Abu Lahab dan istrinya. Allah sudah menjamin mereka yang memuduhi ajaran Islam akan celaka di dunia, apalagi di akhirat. Kisah abu Lahab dan istrinya tersebut di abadikan dalam Alquran suray al Lahab sebagai peringatan bagi umat manusia.







B.      Abu Jahal
Abu Jahal adalah termasuk salah satu paman Nabi Muhammad SAW. Abu jahal yang bernama asli Amr bin Hisyam asalah pemimpin kelompok Al-mustahziin(yang menghina) Nabi muhammad SAW seperti halnya Abu lahab, Abu Jahal menghalangi dakwah Rasullah sengan berbagai cara, antara lain :
1.       Abu jahal pernah melempari Rasullah SAW yang sedang sujud dengan kotoran unta, sehinga seluruh tubuh Rasullah berlumuran kotoran unta.
2.       Abu Jahal pernah menghalangi dan melarang Rasullah SAW untuk beribadah disekeliling Baitullah.

C.      Musailamah Al-Kazzab
Musailamah Al kazzab adalah seorang tokoh dari Bani Hanifah yang hidup diwilayah Yamamah(sekarang wilayah Arab Saudi bagian timur0. Musailammah Al kazzab yang bernama asli Maslamah mengaku dirinya sebagai Nabi.
Kedudukan musailamah Al kazzab di Yamamah hampir sama dengan kedudukan Rasullah saw. Di masinah . hal ini dikarenakan Musailamah Alkazzab memiliki kekuasaan yang besar dengan pengikut yang banyak.
Musailamah Alkazzab mengaku sebagai nabi bermula dari seseorang yang bernama “Arrahman” sehingga dia sendiri menamankan dirinya dengan sebutan itu, Musaailamh yang mengaku sebagai nabi pernah menuntut agar penduduk madinah mengaku kenabiannya. Dia pernah mengusulkan kepada Rasullah saw untuk berbagi kekuasaan atau meminta kekuasaan Rasullah saw. Setelah beliau nanti wafat.
Ajaran Musailamah Al kazzab banyak di peringati ajaran kristen ,karena dia juga menyingung  tentang kerajaan  Allah di surga. Dia dapat menanamkan pengaruhnya yang kuat kepada parah pengikutnya ,terbukti  dengan keenggaannya para pengikutnya untuk meninggalkan keyakinan yang salah yang sudah sitanamkannya.
Khalid bin Walid memerangi Mussailamah Alkazzab di Yammamah. Pada awalnya, musailaamah Al kazzab berhasil mengalahkan pasukan Islam di bawah komando  Ikrimah. Bahkan dia berhasil menekan mundur pasukan islam sampai ke perbatasan utara Yamamah. Namun, setelah mengalami peperangan yang seru Khalid bin Walid berhasil melumpuhkan perlawanan Musailamah al kazzab meskipun korban si kedua belah pihak sangat besar. Kaum muslimin gugur sebagai syuhada sejumlah sekitar 700 orang diantara mereka terdaapat para sahabat Rasullah saw dan para penghafal Al quran. Musailammah Al kazzab sensiri terbunuh oleh tombak Wahsyi di tempat yang terkenal dengan sebutan “Taman Kematian”. 

Reaksi: 

4 komentar:

Poskan Komentar
  1. Yoshh.. thx atas infonya tugas saya jadi cepet selesai^^

  2. Oke, senang bisa membantu :)

  3. aya teu???/

  4. terimakasih udah mau bantu aku ya!

Poskan Komentar