Wednesday, January 15, 2014

Parafrasa lagu Noah "Separuh Aku"

Separuh aku adalah singel terbaru dari Band Noah yang dirilis pada tanggal 16 September 2012.  Meski Band Noah masih baru tetapi bukan berarti masyarakat merasa asing dengan mereka. Grup musik yang dulunya bernama Peterpan ini memang berhasil menjadi cerita dimana-mana saat ini. Karna berhasil membuat gebrakan baru yang spektakuler dan mendapat respon positif di dunia musik indonesia.
Saat pertama kali di dengar terutama dari Keyboard David dan ditambah petikan gitar UKI, Lagu Separuh NOAH ini memang terasa berbeda dari lagu-lagu Peterpan sebelumnya. Tapi memang harus di akui magnet Ariel memang masih sangat kuat lewat suara khas nya mampu sedikit meredam perubahan gaya musik yang mereka lakukan. Setelah berkali-kali di dengar kuping akan mulai terbiasa dan mulai bisa menikmati lagu keren ciptaan David NOAH ini.
Setelah Kompasianer mendengar lagu nya berkali-kali taukah kompasianer makna sebenarnya dari lagu tersebut? Karna setelah bertanya ke beberapa teman, saya mendapatkan jawaban kalau makna dari lagu separuh aku adalah jeritan hati seseorang laki-laki yang merasa kalau kekasihnya itu adalah separuh dari belahan jiwa nya. Tetapi kekasihnya tersebut tidaklah lagi mau melanjutkan hubungan mereka.
Kemudian saya pun browsing dan mendapatkan jawaban dari seorang kompasianer yang menulis di kompasiana dia mengatakan kalau lagu separuh aku itu“Menggambarkan tentang perasaan para anggota band ini yang telah terpisah selama lebih dari 2 tahun. David, Reza, Uki, dan Lukman ingin mengatakan bahwa mereka akan selalu mendukung Ariel. Ibarat sebuah tubuh, Ariel adalah ruhnya, dan itu sulit untuk tidak mengakuinya” .
Dari dua pendapat diatas menurut saya tidaklah tepat kenapa dan kenapa? Mari coba kita bahas.


Dan terjadi lagi
kisah lama yang terulang kembali
kau terluka lagi
Dari cinta rumit yang kau jalani
Penggalan lirik ini menggambarkan seseorang yang tidak belajar dari kesalahannya dimasa lalu. Selalu saja mengulang kesalahannya yaitu terjebak pada kisah cinta yang rumit dan mungkin saja sosok gadis di klip album NOAH itu adalah pacar rahasia atau selingkuhan seseorang tersebut.

Aku ingin kau merasa
kamu mengerti aku mengerti kamu
aku ingin kau sadari
Cintamu bukanlah dia
1350036093555313808
Video Clip NOAH


Penggalan lirik yang kedua ini adalah ingin mewakili suara hati seseorang  tersebut. Karna ada pertentangan di dalam dirinya tentang apa yang dilakukannya ini. Dan suara hatinya tersebut ingin membuat seseorang tersebut mengerti kalau gadis itu bukanlah cinta sejatinya.

Reff:
Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku dirimu

Di penggalan reff dari lagu Separuh Aku ini kembali semakin kuat suara hati seseorang tersebut ingin mengingatkan agar mendengarkannya. Jangan lagi seperti ini ayo sudahi saja, aku gak mau kamu terluka terus seperti ini. Kamu akan menderita kalau melajutkan ini karna memang dia bukan milik mu. Dengarkan lah aku karna suara aku adalah separuh dari dirimu.

Ku ada di sini
Pahamilah kau tak pernah sendiri
Karena aku selalu
Didekatmu saat engkau terjatuh

Suara hatinya kembali berbicara kalau dia gak pernah sendiri menghadapi masalah yang dihadapinya. Dia akan selalu ada menguatkan, dia akan selalu ada kapanpun dimanapun, walau saat dia jatuh dia akan selalu setia bersama seseorang tersebut karna dia atau suara hatinya tersebut adalah bagian dari dirinya sendiri atau separuh dari dirinya sendiri.

Reff:
Dengar laraku
Suara hati ini memanggil namamu
Karena separuh aku
menyentuh laramu
karena separuh aku dirimu
Semua lukamu telah menjadi milikku

Di Reff bagian terakhir kembali ditegaskan kalau luka seseorang tersebut juga adalah luka suara hatinya. Karna memang dia atau suara hatinya juga adalah bagian dari dirinya yaitu separuh dari dirinya. Tapi sayang seseorang tersebut tidak mau mendengarkan suara hatinya tersebut. Karna diakhir klip tersebut seseorang tersebut malah memecahkan kaca sebagai simbol menghilangkan suara hatinya tersebut. Dan setelah suara hatinya tersebut itu menghilang seseorang tersebut kembali melanjutkan kisah cinta yang rumit bersama gadis tersebut. Ini ditandai di akhir klip tersebut seseorang tersebut berpelukan dengan gadis tersebut.
Jadi kesimpulan makna dari lagu Noah tersebut adalah menceritakan pertentangan di dalam diri sesorang yang sedang menjalani hubungan atau kisah cinta yang sangat rumit. Suara hatinya berusaha untuk mengingatkannya untuk mengakhiri kisah cinta yang rumit tersebut agar seseorang tersebut tidak semakin dalam menderita. Sekian pembahasan lagu Separuh Aku dari Noah ini.


No comments:

Post a Comment