Wednesday, November 16, 2011

Pencak silat dalam seagames

Pencak silat adalah sebuah seni beladiri yang berasal dari Indonesia. Walau demikian, masih banyak warga masyarakatnya yang belum banyak mengetahui apa itu pencak silat. Dan bahkan, bisa dikatakan olah raga ini sudah kurang populer dibandingkan dengan olahraga beladiri lainya.

Siapa sangka, ternyata pencak silat merupakan salah satu kategori olah raga yang dipertandingkan dalam ajang 2 tahunan Sea games. Bahkan, pencak silat merupakan salah satu cabang olah raga yang tidak pernah sepi dari perolehan medali dan seringkali menyabet gelar juara umum. Namun sangatlah disayangkan, olahraga yang cukup memberi dampak positive ini kurang dilirik oleh masyarakat indonesia terutama di kalangan anak mudanya.



Pencak silat merupakan salah satu cabang olah raga yang dapat mencerminkan sifat asli kebudayaan bangsa indonesia. Karena, pencak silat sangat mudah menyesuaikan diri dengan kebudayaan disekitarnya. Baik dalam segi “kembang-kembang”, perilaku, adab, semua dapat dituangkan dalam pencak silat. Maka tidak salah jika ada ungkapan, pencak silat merupakan salah satu cerminan dari jati diri budaya bangsa.

Selain itu, dalam bela diri ini juga terkandung kejujuran,
disiplin, cinta tanah air, menghargai prestasi, cerdas, kerjasama, sportif, dan tanggung  jawab. Baik ketika saat di dalam pertandingan, dalam kepelatihan, ataupun dalam lingkungan masyarakat. Terlebih lagi, unsur seni yang ditampilkan dalam beladiri ini cukup memukau dan memikat orang yang menyaksikanya. Baik yang sudah paham betul, sampai yang masih awam, rata-rata mereka kagum dengan unsur seni dan falsafah yang terkandung didalamnya.

Meskipun demikian, banyak generasi muda yang ketika diajak mempelajari dan melestarikan beladiri ini, merasa ogah dan lebih memilih beladiri lain yang lebih meng-global. Sebenarnya, pencak silat juga sudah menyebar hingga eropa. Sampai-sampai, di rusia sudah terdapat padepokan pencak silat semacam IPSI disana. Namun, kurang terdengar gema-nya karena masih jarang terselenggarakanya pertandingan skala dunia.
Meskipun demikian, para pengurus pencak silat terus berusaha mengembangkan pencak silat hingga ke seluruh dunia. Agar, pencak silat dapat di pertandingkan di kompetisi tingkat dunia seperti di olimpiade dunia.

No comments:

Post a Comment