Thursday, January 19, 2012

Alasan Menggunakan Ubuntu

Baru pada beberapa bulan lalu saya kembali tertarik dengan open source. Pilihan jatuh ke Ubuntu. Dan atas bantuan Blogger Nasional pula saya menginstal laptop ini dengan Ubuntu 9.04. Semakin menyelam mengeksplorasi open source (Ubuntu) saya semakin tertarik dan semakin penasaran saja. Dan meski baru seumur jagung menggunakan Ubuntu saya dapat katakan lebih enakan pake ini dech. Lho kok bisa? Berikut ini alasannya :
Pertama, no virus. Saya sering berhubungan dengan flashdisk karena memang selalu terjadi perpindahan data dari laptop teman-teman ke saya. Flashdisk yang dipakai tidak semuanya steril virus, dan komputer kantor harus diinstall ulang berkali-kali gara-gara virus itu. Dengan open source, virus Windows tidak bisa berjalan. Jika di dalam flashdisk ada aplikasi yang mencurigakan langsung saja saja delete. Namun ini menjadi kelemahan pengguna open source karena tidak pernah tahu virus teranyar dan anti virus apdetan terbaru

Kedua, memudahkan pengguna. Proses instalasinya lebih cepat dari pada Windows, hanya butuh waktu kurang dari 30 menit, bandingkan dengan Windows yang butuh hampir 2 jam. Dan ketika menginstall Ubuntu, saya tidak perlu mengintall driver tambahan untuk hardware dan software standar untuk bekerja. Artinya begitu selesai instalasinya bisa langsung dipakai, bahkan beberapa hardware yang tidak jalan di Windows bisa berjalan lancar disini. Ketiga, mudah dioprek dan enteng. Kustomisasi pada Linux mudah dilakukan dan tidak memakan resource seperti di Windows. Seperti mengubah theme, mengubah compiz dekstop maupun menambahkan aplikasi lain seperti conky dll. Mudah dilakukan dan banyak petunjuknya bertebaran di internet. Dan yang penting tidak memakan resource dan memory sehingga tidak bikin lambat laju mesin. Keempat, lebih fleksibel dan kompatibel. Artinya, software aplikasi berbasis Windows dapat dibukak disini dan bahkan dapat dieksekusi dan jalankan juga.
Kelima, gratis dan bebas dosa. Yang namanya gratisan memang menyenangkan. Semua software aplikasi disediakan bebas digunakan dan bebas diotak-atik sendiri. Kenapa bebas dosa? Karena gratis maka bebas diambil dan digunakan tanpa harus membajaknya. Tanpa membajak berarti tidak mencuri. Tidak mencuri maka tidak berdosa. Itulah alasan saya mengapa ber-urbanisasi dari ke Ubuntu, sebagaimana prinsip urbanisasi adalah mencari yang lebih baik.

No comments:

Post a Comment