Thursday, January 5, 2012

Memilih Hosting

Memilah dan memilih hosting gampang-gampang susah karena begitu banyak perusahaan-perusahaan yang menyediakan. Dalam mencari hosting banyak sekali yang perlu dipertimbangkan misalnya harga, support, kecepatan akses, besarnya data hingga besarnya bandwidth. Mencari hosting dimulai dari pemilihan lokasi data center apakah akan menggunakan server USA, server Indonesia, server Jerman, atau Singapore. Perbedaanya adalah dalam hal akses, target pembaca Indonesia tentu akan lebih cepat aksesnya bila menggunakan server Indonesia karena lokasi data centernya berada di Indonesia.

Bagi pemula lebih baik menggunakan server USA disamping harga murah juga bisa dijadikan uji coba SEO, kalau blog digunakan untuk jualan online dengan target pasar Indonesia disarankan menggunakan server Indonesia atau Singapore bila target pasarnya Indonesia. Akan tetapi rata-rata blogger Indonesia menggunakan server USA.
Sebaiknya prioritaskan dahulu technical support penyedia hosting, untuk antisipasi bila sewaktu-waktu blog  mendapat masalah tekhnis bisa segera teratasi, baru kemudian besarnya data dan juga bandwidh bisa jadi pertimbangan kedua. Sejauh blog  ini mencoba mencicipi hosing USA dengan mendaftar di pusathosting.com, patut diacungi jempol dalam hal, support,  kecepatan akses, besarnya data yang boleh disimpan juga besarnya bandwidth cukup untuk pemula dan tentu saja tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam.
Blog ini menggunakan hosting USA milik mochahost.com, sayangnya support kurang bagus tidak ada live chat dalam hal teknis tetapi harga pas dikantong. Performanya bagus, berbeda dengan Hostgator yang semuanya bagus tentu yang dibayar lebih mahal. Kata blogger sebelah harga menentukan kualitas.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan mencari hosting berkualitas, semuanya tergantung dari kebutuhan kita sendiri, juga bagus atau tidaknya sebuah web hosting relatif. Bagi yang baru belajar, sewa hosting di pusathosting.com bisa menjadi pilihan dengan hanya 125 ribu rupiah sudah dapet 300MB dan 30GB bandwidth/bulan.

No comments:

Post a Comment